Pertanyaan

Proses penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Sukabumi dimulai pada tanggal 2 Januari 2017 s.d. 8 September 2017.
Proses penerimaan mahasiswa baru UMMI menggunakan sistem One Day Service. Artinya proses pendaftaran, ujian hingga mendapat hasil ujian dapat berlangsung hanya dalam waktu 1 hari. Kamu bisa datang kapan saja pada hari dan jam kerja dengan membawa seluruh persyaratan pendaftaran, maka dalam waktu satu hari proses peneriman bisa diselesaikan. Jangan lupa untuk datang di awal masa penerimaan mahasiswa baru (bulan Januari), karena passing grade (nilai batas kelulusan) berada pada posisi terendah. Passing grade akan dinaikkan perlahan-lahan seiring dengan terpenuhinya kursi mahasiswa baru. Pada saat jumlah kursi mahasiswa baru pada suatu program studi hampir habis, passing grade akan sangat tinggi sehingga peluang lulus akan semakin kecil.
Ya, tentu saja! Beasiswa yang tersedia rata-rata mencapai Rp 1000.000 s.d Rp 3.000.000 per mahasiswa per semester. Beasiswa berasal dari UMMI, Pemprov Jabar, Ditjen Dikti PPA, Ditjen Dikti PPA, Ditjen Dikti BBM, dan Beasiswa Peningkatan Prestasi Mahasiswa.
Sistem penerimaan mahasiswa baru di UMMI menggunakan One Day Service (layanan 1 hari). Dengan sistem ini, jika kursi bagi mahasiswa baru untuk sebuah Program Studi telah habis maka pendaftaran untuk Program Studi tersebut akan ditutup. Tahun 2016 yang lalu, kami menutup lebih awal pendaftaran untuk Program Studi Administrasi Bisnis dan Keperawatan. Oleh karena itu, mendaftarlah segera agar kamu lebih berpeluang mendapat tempat di Program Studi yang kamu minati. Lagi pula jika kamu mendaftar di awal masa penerimaan mahasiswa baru, passing grade (nilai batas kelulusan) masih rendah sehingga kamu berpeluang lebih besar untuk lulus. Passing grade sebuah program studi dinaikkan perlahan-lahan seiring bertambahnya mahasiswa yang lulus di program studi tersebut. Jika kursi bagi mahasiswa baru sebuah program studi sudah hampir habis, maka passing grade untuk program studi tersebut sangat tinggi.
Sebagian Fakultas/Program Studi di UMMI menerima mahasiswa transfer dan ada Fakultas/Program Studi yang tidak menerima mahasiswa transfer. Silahkan menghubungi hotline kami.
Ada, Beasiswa Akademik dan Beasiswa Non akademik.

Beasiswa akademik diberikan untuk siswa yang mendapatkan peringkat 1-3 peraih UN terbaik tingkat jurusan, sekolah dan Kota atau Kabupaten. Untuk tingkat jurusan akan mendapat potongan dari pembayaran Dana Pembangunan dan Pengembangan (DPP) sebesar Rp. 750.000, untuk tingkat sekolah akan mendapat potongan sebesar Rp. 1.000.000, untuk tingkat Kota atau Kabupaten akan mendapat potongan sebesar Rp. 1.500.000.- pada saat pembayaran DPP.

Kemudian beasiswa non akademik diberikan untuk siswa yang berprestasi dibidang olahraga,seni, karya ilmiah, atau keagamaan juara 1-3 tingkat Kota atau Kabupaten, Provinsi dan Nasional. Untuk tingkat juara 1-3 tingkat Kota atau Kabupaten akan mendapat potongan dari pembayaran Dana Pembangunan dan Pengembangan (DPP) sebesar Rp. 750.000, untuk tingkat Provinsi akan mendapat potongan sebesar Rp. 1.000.000, untuk tingkat Nasional akan mendapat potongan sebesar Rp. 1.500.000.- pada saat pembayaran DPP.

Ada, diperuntukan bagi calon mahasiswa yang nilai raportnya semester lima atau enam dengan nilai 8, atau calon mahasiswa yang berprestasi minimal juara 3 kota/kabupaten dibuktikan dengan sertifikat atau mendali.