Program Studi Ilmu Hukum


SEJARAH SINGKAT

Dinamika perkembangan kehidupan bangsa, negara dan internasional memberikan peluang bagi setiap subjek hukum untuk selalu berperan aktif dalam pergaulan yang dinamis. Dinamika ini bila tidak disikapi dengan hubungan hukum antar subjek hukum akan selalu berimplikasi negatif, bahkan mengakibatkan konflik yang sangat ekstrim.

Melihat potensi yang sangat besar dan terbuka lebar, maka dinamika hubungan tersebut haruslah diatur dan dikelola oleh regulasi yang memungkinkan setiap subjek hukum dapat mengakses terhadap kepentingan-kepentingan secara berkeadilan.

Era reformasi, melahirkan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara mengedepankan hukum sebagai panglimanya, konsep inilah yang dikenal dengan konsep negara hukum (rechtstaat). hukum berperan diseluruh aspek kehidupan. oleh karenanya tatanan tersebut membutuhkan sumber daya manusia dibidang hukum yang kredibel dan profesional. Maka penyediaan dan pengembangan sumber daya manusia dibidang hukum mutlak diperlukan.

Melalui Persyarikatan Muhammadiyah yang lahir tahun 1912 M, telah banyak berkontribusi kepada bangsa dan negara, salah satunya melalui bidang pendidikan tinggi yaitu Universitas-universitas terkemuka di Indonesia.  Pada tahun 2003 di Kota Sukabumi berdiri Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Setelah 11 tahun mendapatkan kepercayaan masyarakat, maka pada tahun 2014 Universitas Muhammadiyah Sukabumi terus berkembang dengan keluarnya izin penyelenggaraan program studi (s1) ilmu hukum.

Rintisan pendirian fakultas hukum sudah dimulai sejak rektor ke-2 yaitu Prof. Dr. Asmawi Zainul. Dimana fakultas minder mandatwaktu itu adalah Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora dengan Dekan Drs. Erry Sunarya, M.Si. Pengusulan pembukaan program studi ilmu hukum diajukan bersama dengan beberapa program studi lainnya berdasarkan SK Rektor. Berdasarkan SK Rektor tersebut pengusulan pembukaan program studi ilmu hukum dilaksankan oleh Sdr, Ujuh Juhana, S.H. (Dosen Program Studi Administrasi Publik) sejak 2010 pengusulan pembukaan progam studi ilmu hukum terus diupayakan meskipun harus berkali-kali merevisi proposal pendirian. Akhirnya dengan penuh kesabaran, ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 084/P/2014 Tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Program Studi jenjang Sarjana (S1) Ilmu hukum di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Sedangkan pendirian Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sukabumi didasarkan kepada Surat Keputusan Rektor No. 477/KEP/I.0/C/2016 oleh Rektor Ke-3 Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd.

 

VISI 

Fakultas yang unggul dalam penyelenggaraan pendidikan hukum untuk mengembangkan sumber daya manusia dibidang hukum sebagai penggerak jihad konstitusi berlandaskan keilmuan dan keislaman tahun 2024

 

MISI

Menghasilkan sarjana hukum yang berwawasan etik, religius, akademik dan praktik serta memiliki karakter kejujuran ilmiah dalam menegakan kebenaran nilai-nilai kehidupan.

 

Tujuan:

Pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sukabumi  bertujuan melahirkan Sarjana Hukum yang memiliki berbagai kompetensi:

  1. Memiliki pengetahuan dasar ilmu hukum dan hukum islam secara komprehensif;
  2. Memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan hukum  secara akademik dan praktik dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara;
  3. Memiliki  motivasi untuk menegakan nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara berlandaskan keadilan, kemanusiaan dan keislaman;
  4. Berperan aktif, kritis dalam perkembangan hukum untuk mewujudkan jihad konstitusi yang moderat