Program Studi Pendidikan Biologi


TENTANG PENDIDIKAN BIOLOGI

Lahirnya UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, PP No. 74 Tahun 2009 tentang Guru, disetujuinya anggaran pendidikan minimal 20% baik dari APBN atau APBD dan Program Sertifikasi Guru dan Dosen yang memberikan tambahan penghasilan 1 kali gaji pokok merupakan bentuk konkrit keseriusan pemerintah dan wakil rakyat dalam melaksanakan pembangunan sektor pendidikan.

Melihat kenyataan tersebut diatas, tampaknya cukup beralasan apabila dalam kurun waktu 3 tahun ke belakang animo masyarakat untuk masuk ke Lembaga Tenaga Kependidikan (LPTK) begitu tinggi. Kondisi tersebut diperkirakan akan terus berlangsung hingga 5-10 tahun ke depan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa alasan, diantaranya:

  1. Guru PNS/guru yayasan yang sudah memiliki sertifikat pendidikan akan mendapatkan gaji lebih tinggi dibandingkan dengan PNS/pegawai swasta untuk pangkat dan golongan yang sama di instansi non kependidikan.
  2. Sampai 2020, masih dibutuhkan guru dengan kompetensi yang linier. (data Dirjen PMPTK 2009)
  3. Pensiun masal guru masih berlangsung sampai 2020 dengan jumlah 10.000 guru per tahun. (Antara News, 26 September 2014)

SISTEM PENDIDIKAN DAN KURIKULUL

Kurikulum yang diimplementasikan di Program Studi Pendidikan Biologi diupayakan mendukung ketercapaian visi, misi, tujuan, standar kompetensi lulusan dan keunikan institusi. Jumlah SKS yang harus ditempuh mahasiswa adalah 146 SKS yang ditempuh dalam 8 semester. Kurikulum Program Studi Pendidikan Biologi sudah mengadaptasi kurikulum berkelajutan PPG (Pendidikan Profesi Guru) sehingga dapat memudahkan mahasiswa untuk melanjutkan kuliah profesi keguruan. Untuk mahsiswa yang memiliki indek prestasi yang baik dengan adanya sistem perkuliahan semester pendek di akhir semester genap yang diperuntukan untuk mengambil mata kuliah pada semester berikutnya memungkinkah mahasiswa dapat menempuh perkuliahan lebih singkat dari waktu yang ditetapkan.

VISI

Terwujudnya Program Studi unggul dalam membentuk Tenaga Pendidik dalam Bidang Studi Biologi yang mantap secara Pedagogik dan ber-Akhlakul Karimah tahun 2022

MISI

  1. Menyelanggaran pendidikan yang berkualitas dan profesional bagi calon tenaga pendidik
  2. Menyelenggarakan pendidikan bagi calon tenaga pendidik dalam bidang studi Biologi yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan ke-Muhammadiyahan
  3. Menyediakan program-program peningkatan kualifikasi tenaga pendidik
  4. Menyelenggarakan dan mengembengkan penelitian ilmiah dalam bidang pendidikan Biologi
  5. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan Biologi

 

TUJUAN PROGRAM STUDI BIOLOGI

Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana Pendidikan Biologi yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia yang diridhoi Allah SWT serta mampu mengamalkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

DAFTAR PRESTASI

  1. Juara ke 3 Lomba Microteaching se Jawa-Bali Tahun 2011
  2. Juara ke 2 Lomba Microteaching se Jawa-Bali-Sumatera Tahun 2012
  3. Juara Harapan ke 1 Lomba Microteaching se Jawa-Bali-Sumatera-Kalimantan Tahun 2012
  4. Pemenang Lomba Hibah Bina Desa (PHBD) Dikti 2013
  5. Finalis Moka (Mojang Jajaka) Kab. Sukabumi 2014
  6. Program Studi Terbaik hasil EMI UMMI 2014
  7. Pengelolaan Laboratorium terbaik hasil EMI UMMI 2014
  8. Ketua Program Studi terbaik EMI UMMI 2014
  9. Juara ke 2 Lomba Microteaching tingkat Nasional tahun 2014
  10. Pemenang Lomba Hibah Bina Desa (PHBD) Dikti 2015

 

Website : http://biologi.ummi.ac.id