Kuliah di Kampus UMMI, Lakukan Kegiatan-Kegiatan Berikut Ini Agar Masa Kuliahmu Lebih Berarti


   29 Mei 2017
   Admin
   Berita Terkini


Masa-masa kuliah itu unik. Belajar tapi tidak kaku. Bebas tapi tetap terbatas. Luwes tapi terkadang hasilnya pedas. Duduk di bangku kuliah sangat berbeda dengan ketika menghabiskan waktu di bangku sekolah SD sampai SMA, meskipun sama-sama dalam domain belajar. Karena mungkin dianggap sudah dewasa, mahasiswa cenderung lebih ”liberal” dalam memperoleh ilmu. Ada yang kuliah sesuka hati, ada yang dengan cerdas memanfaatkan jatah 20% absen, ada yang datang kuliah hanya saat ujian akhir. Semua boleh tergantung seberapa cerdas kalian dan seberapa baik sang dosen.

Tetapi waktu kuliah itu hanya sementara, meskipun normalnya terhitung selama delapan semester, tetapi waktu tersebut akan terasa berlalu begitu saja apabila kalian menyia-nyiakannya. Bagi kalian yang lagi duduk dibangku kuliah, khususnya di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), lakukan kegiatan-kegiatan berikut ini agar masa kuliahmu lebih berarti.

1. Ikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang sesuai dengan hobi kalian

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah wadah yang disediakan oleh kampus untuk mengembangkan kreatifitas para mahasiswanya. Di Kampus UMMI terdapat lebih dari lima belas macam UKM, baik yang berhubungan dengan seni, olahraga, keagamaan, ataupun yang lainnya, semua bisa kalian manfaatkan untuk mengembangkan bakat dan kreatifitas kalian.

2. Aktif di organisasi kemahasiswaan, baik itu BEM, HIMA, ataupun yang lainnya

Untuk berlajar bersosialisasi, berorganisasi, ataupun berkomunikasi dengan orang banyak, tidak cukup hanya dengan duduk manis di ruang kelas, tetapi kalian harus masuk kedalam organisasi kemahasiswaan, baik itu BEM, HIMA, ataupun yang lainnya. Karena di organisasi-organisasi tersebut kalian akan bertemu dengan banyak orang yang tentunya mempunyai pemikiran yang berbeda-beda pula, dengan begitu kalian akan dituntut juga untuk belajar memahami pendapat orang lain, menahan ego sendiri, dan juga berusaha untuk mendapatkan solusi yang bisa diterima oleh semuanya.

3. Perbanyak teman dan jaringan

Sebagai makhluk sosial, kita dituntut untuk terus berkomunikasi dan menjalin relasi dengan berbagai macam orang, dan masa-masa mahasiswa adalah masa-masa yang sangat berharga untuk kalian memperbanyak relasi dan jaringan tersebut. Di kampus kalian akan bertemu dengan orang dari berbagai macam daerah, bahkan dari luar negeri juga ada. Untuk itu, perbanyaklah teman dan jaringan, karena semakin banyak teman semakin banyak juga peluang kalian untuk mendapatkan berbagai macam hal baru, terlebih untuk masa depan kalian.

4. Jalin komunikasi yang baik dengan dosen dan staf kampus

Ada yang bilang, "Dosen adalah sebagian dari nasib mahasiswa". Tidak salah-salah juga sih itilah tersebut, karena kenyataannya memang hampir seperti itu. Tetapi kalian harus ingat, "segarang-garangnya harimau, tak akan menerkam anaknya sendiri", begitupun dengan dosen, mereka tidak akan berbuat yang tidak-tidak ketika mahasiswanya tersebut bertingkah dengan selayaknya. Untuk itu, jalinlah komunikasi yang baik dengan dosen, karena kebaikan pasti akan dibalas dengan kebaikan. Begitu juga dengan staf kampus, jangan sampai kalian hanya sebatas tahu saja dengan mereka, cobalah jalin komunikasi yang baik, maka kalian akan mendapatkan hal baik pula dari mereka.

5. Mulailah berpetualang ke tempat-tempat yang selama ini belum pernah kalian kunjungi

Selama masa SMA dulu, mungkin kalian masih berada dibawah pengawasan orang tua, apapun kegiatan diluar yang akan kalian ikuti, pasti memerlukan alasan yang kuat untuk mendapatkan izin dari orang tua tersebut. Berbeda halnya setelah kalian menjadi mahasiswa, orang tua pasti sudah memberikan kepercayaan kepada kalian untuk mengatur dan menentukan jalan sendiri. Untuk itu cobalah berpetualang ke tempat-tempat yang selama ini belum pernah kalian kunjungi, baik itu mendaki gunung, menjelajahi alam, bepergian ke luar kota, ataupun ke tempat-tempat yang sekiranya bisa menambah ilmu dan pengalaman kalian. Karena dari setiap tempat yang kalian kunjungi, kalian pasti akan menemukan sesuatu yang baru yang selama ini belum pernah kalian ketahui secara langsung.

6. Mulailah merintis usaha

Siapa bilang memulai usaha sambil kuliah itu merepotkan? Sampai hari ini masih banyak orang yang berpikiran bahwa merintis sebuah usaha di bangku perkuliahan hanya akan mengganggu konsentrasi belajar mahasiswa. Pola pikir seperti ini tentunya kurang tepat, sehingga tidak ada salahnya bila dari sekarang kita mulai memperbaiki mindset para mahasiswa.

Selama ini para mahasiswa lebih bangga menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) ataupun tenaga kerja profesional di perusahaan-perusahaan besar, dibandingkan memilih terjun di dunia usaha dan menjadi seorang entrepreneur muda. Paradigma ini tentunya sangat memprihatinkan. Tidaklah heran bila sampai hari ini angka pengangguran sarjana di Indonesia jumlahnya terus bertambah.

Untuk kalian yang masih duduk dibangku kuliah, cobalah merintis usaha dari sekarang, carilah mentor-mentor yang sudah ahli dibidangnya, karena dengan bertanya dan dibimbing oleh orang yang sudah berpengalaman, kalian akan lebih mudah untuk menjalaninya.

Seandainya sekarang kalian mengalami kegagalan (belum berhasil), maka masih ada segudang alasan bagi kalian untuk bangkit kembali, karena kalian masih dalam tahap belajar

#Bersambung